Sunday, 23 June 2013

Jalan Tol Nusa Dua Bali, Terpanjang Ke-5 Dunia di Atas Laut

Dokumentasi : Istimewa

Assalamualaikum, wr.wb 
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, sebagian besar luas wilayah Indonesia ialah perairan. Dalam dunia Transportasi, keberadaan jembatan merupakan salah satu faktor yang sangat dibutuhkan di Indonesia agar transportasi, mobilitas, dsb berjalan dengan lancar sehingga dapat meningkatkan perekonomian negara. Indonesia memiliki berbagai jenis jembatan, salah satunya yang terpanjang ialah Jembatan Tol Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura dengan panjang kurang lebih 5km.

Nah...tidak lama lagi, rekor Suramadu sebagai Jembatan Terpanjang di Indonesia bakal dipatahkan oleh Jalan Tol Nusa Dua Bali yang berbentuk Jembatan diatas laut dengan panjang kurang lebih 12,7 Kilometer. Nusa Dua mencatatkan terpanjang sebagai Jalan Tol Atas Laut terpanjang kelima di dunia didahului oleh Jalan Tol Jiaozhou Bay (42 km-RRC), Lake Pontchartrain Causeway (38 km-AS), Cheasapake Bay Bridge (24 km-AS), dan Jembatan Penang (13,5 km-Malaysia).

Dokumentasi : Istimewa

Istimewa
Jalan Tol Nusa Dua Bali yang membentang sepanjang kurang lebih 12 km ini menghubungkan Ngurah Rai-Tanjung Benoa ini cukup istimewa apabila dibandingkan dengan pembangunan Jembatan sejenis di Indonesia. Dari lama pengerjaan, jalan tol ini hanya memakan waktu sekitar 14 bulan. Lebih cepat dari target yakni 8 bulan. Dari sisi dana, Nusa Dua hanya membutuhkan Rp 2,4 Triliun dalam pembangunannya. Selain itu Nusa Dua juga dirancang oleh insinyur-insinyur Indonesia sendiri dan dalam pembangunannya tidak menggunakan bantuan dari negara lain baik dalam bentuk materil maupun pengelolaannya. Cukup membanggakan bukan ? 

Dokumentasi : Sindo.

Well, pembangunan Jalan Tol Nusa Dua ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Bali khususnya di sektor parwisata. Bayangkan saja sebelumnya dari Nusa Dua - Benoa dapat ditempuh dengan 2 jam, dengan adanya Jalan Tol diatas laut ini hanya akan memakan waktu 15 menit saja. Jauh lebih singkat bukan ?

Waalikumsalam wr.wb


Sumber  :

1 comment:

  1. salut dengan pembuatan jalan tol di dua nusa bali .ini adalah maha karya anak" bangsa indonesia ..

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.