Sunday, 24 March 2013

Pohon "Kayu Besi" Terbesar Ada di Indonesia

Dokumentasi : Istimewa
 Assalamualaikum wr. wb.
Pohon Ulin merupakan salah satu tanamana khas Hutan Hujan Tropis. Karena Indonesia juga memiliki ekosistem Hutan Hujan Tropis bahkan  terbesar setelah Amerika Selatan yang tersebar mulai dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, maka Indonesia juga memiliki tanaman varietas ini pula. Menurut Wikipedia.com pohon yang bernama latin Eusiderxylon Zwageri ini dapat tumbuh hingga ketinggian hingga 50 meter dan dapat tumbuh mulai dari dataran rendah hingga ketinggan 400 meter Mdpl. Namun konon di dunia Pohon Ulin setinggi itu sudah tidak ditemukan lagi, paling tinggi yang baru saja ditemukan adalah Pohon Ulin yang memiliki ketinggian 20 Meter dengan diameter 2,47 meter. Usianya sendiri diperkirakan sekitar 1000 tahun! Pohon itu ada di Indonesia. Tepatnya  di Taman Nasional Kutai di Kalimantan Timur. Pohon Ulin memiliki pertumbuhan yang sangat lambat, pertahunnya paling banyak tumbuh hanya 0,5 cm. 

Bernilai Tinggi

Dokumentasi : Antara
Pohon Ulin merupakan salah satu pohon yang dapat digunakan sebagai bahan material khususnya untuk pembangunan rumah, jembatan, dll. Mengapa ? Kayu dari Pohon Ulin memiliki kekuatan yang luar biasa. Selama ini kita mengenal bahwa pohon jati merupakan yang sejauh ini terkuat di Indonesia, namun sebenarnya pohon ulin jauh lebih kuat. Bayangkan saja, kayu dari pohon apabila terkena air biasanya akan keropos dan kemudian menjadi mudah patah. Oleh sebab itu kayu dari pohon ini tak sedikit yang digunakan untuk membangun perahu. Beda halnya dengan kayu jenis lain, Kayu Ulin apabila terkena air justru semakin kuat meskipun ada umur ketahanannya. Oleh karena itu tak heran kayu dari pohon ini disebut sebagai "Kayu Besi". Banyak sebutan untuk pohon ini, secara nasional dikenal sebagai nama Pohon Ulin sedangkan di Kalimantan sendiri lebih dikenal dengan nama Kayu Belian.

Wassalamualaikum. wr.wb


Sumber :

No comments:

Post a Comment

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.