Tuesday, 1 January 2013

Wow...Inilah Senjata & Kendaraan Tempur Produksi Indonesia Sepanjang 2012

Panglima TNI Jend.Agus Suhartono, KSAD Jend. P. Edhie Wibowo dan Menteri Pertahanan  Purnomo Yusgiantoro sedang memperhatikan varian baru Pindad SS-2 yang dinamakan SS2 V5
Assalamualaikum wr.wb, di hari pertama tahun 2013 ini penulis akan coba kembali merefleksikan pencapaian Indonesia dari berbagai bidang. Jika pada 31 Desember 2012 sudah disampaikan pencapaian Indonesia dibidang Arkeologis terkait penemuan situs baru, kali ini akan membicarakan teknologi persenjataan dan militer yang berhasil dibuat oleh Industri Pertahanan Indonesia. Lengkap, mulai dari matra Darat, Laut, dan Udara. Mulai dari Pesawat hingga Senapan. Penasaran apa saja senjata, peralatan, dan kendaraan tempur yang berhasil diciptakan ? Mari kita cek bersama :



A. Pesawat 

1. CN - 235 Military Patrol Aircraft(MPA)

CN 235 MPA Korea Coast Guard
CN-235 adalah salah satu produk unggulan dari PT. Dirgantara Indonesia yang merupakan Industri Pesawat dan Helikopter satu-satunya di Indonesia. CN-235 sendiri hadir dalam beberapa versi, diantaranya versi angkut taktis Militer, versi Sipil untuk penerbangan, dan versi Patroli Militer. Versi CN-235 MPA adalah versi yang paling canggih dan bergengsi, karena fungsinya sebagai intai maritim yang dibekali berbagai macam sensor dan peralatan canggih. Selain itu versi MPA juga memiliki kemampuan Anti Kapal Selam atau Anti Submarine Warfare. CN -235 MPA sebenarnya sudah digunakan oleh berbagai negara, salah satunya Indonesia oleh TNI - AL dan di tahun 2012 PT. Dirgantara Indonesia berhasil menyelesaikan pesawat terakhir CN-235 MPA pesanan Korea Coast Guard(KCG) Korea Selatan dari 4 Unit yang dipesan. Bisa dikatakan suatu kebanggaan sebab Korea Selatan saja mengandalkan pesawat buatan Indonesia untuk menjaga garis pantainya termasuk untuk memantau pergerakan negara tetangga yang sekaligus saudara dan lawan, Korea Utara.

2. UAV Pesawat Udara Nirawak(PUNA)

UAV Puna
Di teknologi pesawat tanpa awak, BPPT berhasil menciptakan pesawat UAV(Unmanned Aerial Vehicle) yang diberi nama PUNA(Pesawat Udara NirAwak). Rencananya pesawat ini akan dioperasikan pada tahun 2013. Pesawat bermesin 2 Tak ini sanggup terbang selama 7 jam dalam radius 70-80 km Non-Stop dan dapat terbang hingga ketinggan 12ribu meter di udara.

3. KT 1 -B 

KT 1 B untuk Jupiter Aerobatic Team 
Teman-teman tau Jupiter Aerobatic Team ? Itu loh tim akrobat udara milik TNI AU yang bermarkas di Pangkalan Udara Adisucipto Yogyakarta. Nah, Jupiter Aerobatic Team menggunakan pesawat KT 1 B buatan Korea Selatan. Pada tahun 2012 ini PT.DI berhasil menyelesaikan beberapa unit KT 1 B pesanan TNI-AU yang akan digunakan sebagai pesawat latih dan pesawat aerobatik. Pesawat bermesin Turboprop ini sebenarnya hanya dirakit oleh PT. Dirgantara Indonesia, PT.DI sendiri sebenarnya ingin memproduksi pesawat ini dengan menggunakan beberapa kandungan komponen dari Indonesia. Namun karena pasar pesawat ini tidak besar nampaknya PT.DI belum akan melaksanakan produksi pesawat ini dalam waktu dekat. KT 1 B sendiri saat ini selain digunakan oleh Korea Selatan selaku asalnya dan Indonesia, juga digunakan oleh AU Turki.


 B. Kapal dan Kendaraan Amphibi

1. KRI Klewang
KRI Klewang
Di pertengahan tahun 2012 dunia maritim Indonesia patut berbangga. Barangkali kehadiran kapal inilah yang membuat Angkatan Laut disekitar Asia Tenggara ketar-ketir harap-harap cemas karena Indonesia telah berhasil menciptakan Kapal Cepat berpeluru kendali(rudal) yang memiliki teknologi anti radar. KRI Klewang merupakan produk buatan PT. Lundin Industry di Banyuwangi Jawa Timur. Kapal ini benar-benar tidak terdeteksi radar kapal lawan dikarenakan penggunakan material khusus dan sanggup ngebut di perairan hingga lebih dari 30knot. Untuk urusan persenjataan, kapal ini rencananya dilengkapi Rudal C-705 buatan RRC yang sanggup menghantam kapal musuh dari jarak 170 Kilometer jauhnya. Namun sayang, belum sempat diserahkan kepada TNI-AL dan masih dalam tahap finishing kapal ini terbakar habis dikarenakan korsleting listrik. Namun pihak Lundin Industri sendiri bertanggungjawab akan insiden tersebut dan akan menggantnya dengan KRI Klewang versi kedua yang menggunakan bahan terbaru namun tetap anti radar di awal tahun 2013. Kita tunggu saja KRI Klewang jilid 2 meluncur dari galangannya.

2. KRI Kujang 642

Peresmian KRI Kujang 642 di Batam
Anda masih ingat dengan KRI Clurit 641 yang diluncurkan tahun 2011. Nah KRI Kujang inilah bisa dibilang adiknya KRI Clurit 641 dikarenakan spesifikasi dan persenjataannya sama. Kapal ini juga dibuat oleh Palindo Marine Industries di Batam. Persenjataannya antara lain 1 unit meriam 6 barel Kaliber 30mm dan 2 unit meriam Kaliber 20mm di anjungan. Namun senjata yang paling mematikan dari kapal yang dibangun dalam proyek KCR-40 ini adalah 2 set(peluncur) Rudal C-705 yang memiliki radius sebesar 170km. Untuk urusan kontrol dan manajemen persenjataan kapal ini telah menggunakan teknologi canggih digital Sensor Weapon Control dan Close in Weapon System (SEWACO and CIWS). Kecil-kecil memang cabe rawit! Oh iya kapal ini masuk dalam Armada Barat TNI-AL.

KRI Kujang 642

3. APC Amphibi Marinir

APC Amphibi akan digunakan oleh Marinir dalam ajang IndoDefence Expo 2012
Tidak hanya kendaraan laut, Indonesia juga berhasil menciptakan kendaraan 2 alam alias yang berkemampuan amphibi. Dalam ajang Indodefence Expo 2012 di Jakarta, dipamerkan Amphibius Armored Personel Carrier (APC Amphibi) buatan Dislitbang TNI-AL, PT Wirajaya Bahari dan bekerja sama dengan ITS. Kendaraan ini telah melewati serangkaian ujicoba baik kemampuan berenang di laut, kemampuan pendaratan, maupun kemampuan docking dan bergerak di darat. APC ini juga telah lolos pengujian tahan peluru kaliber 5,56mm dari jarak 50m dan 7,62mm pada jarak 100m. Karena fungsinya sebagai angkut personil, maka persenjataan dari kendaraan ini pun tidak terlalu canggih. Hanya dibekali dengan 3 senapan mesin yang terletak 1 dibagian depan dan 2 dibagian belakang. APC Amphibi ini bisa melaju 70km/h di darat dan ketika berenang di perairan sekitar 14km/h serta mampu mengangkut 20 personil plus 2 kru.


Pengujian pendaratan pasukan 


C. Tank dan Panzer

1. Prototype Tank

Prototipe tank buatan Pindad
Pada tahun 2012 ini PT. Pindad berhasil membuat Prototype atau purwarupa dari Tank ringan yang rencananya mulai diproduksi InsyAllah tahun 2013. Memang hingga saat ini Tank ini masih menjadi misteri dan belum banyak diketahui oleh penggila forum militer tentang spesifikasinya. Dari ukuran meriam dikabarkan berukuran 90mm yang berarti tank ini bisa dimasukkan dalam klasifikasi tank ringan atau light tank.

2. Panzer Pindad Anoa 20mm Canon

Kanon 20mm untuk unit mekanis batalyon infantri 
Pindad kembali mengeluarkan varian baru Panser legendarisnya yang diberi brand "anoa" dengan menggunakan meriam sebesar 20mm. Untuk ukuran besarnya meriam ini sangat lah kecil diameternya dibandingkan dengan kakaknya yang menggunakan meriam ukuran 60mm. Namun justru disitulah terdapat perbedaan penggunaanya. Bila Panzer Anoa yang berukuran meriam 60mm digunakan oleh kesatuan Kavaleri, maka untuk ukuran yang 20mm akan digunakan oleh unit-unit Mekanis dalam Batalyon Infantri untuk memudahkan pergerakan.

D. Artileri (Armed Roket dan Pertahanan Udara)

1. Komodo Mistral
Komodo Mistral dalam ajang Indo Defence Expo 2012
Perkenalkan, kendaraan taktis yang satu ini dinamakan Komodo oleh Presiden SBY dan hadir dalam berbagai versi buatan PT.Pindad. Kendaraan ini merupakan "request" dari Presiden agar Indonesia tidak perlu lagi membeli kendaraan taktis dari luar negeri seperti Renault Sherpa dan HUMMVVE. Kendaraan ini hadir dalam berbagai versi dan salah satunya yang cukup mengesankan adalah versi yang membawa 2 set Rudal Anti Serangan Udara Mistral buatan Perancis. Mistral merupakan rudal anti pesawat yang memiliki jarak tembak hingga 5km dan dapat "ngebut" hingga 2,6 Mach. Keunggulan penggunaan Mistral yang diinstall dalam kendaraan taktis ini adalah dapat disiagakan dan dipindahkan dengan cepat dibandingkan dengan peluncuran secara konvensional. Rencananya Komodo Mistral akan digunakan oleh kesatuan Artileri Pertahanan Udara.


2. Mobile Launched Rocket System R-Han 122

Truck Peluncur R-Han 122 dilengkapi dengan derek
Bingo! Indonesia mulai tahun 2013 selain sudah memiliki unit-unit Artileri Roket yang dapat digerakaan secara Mobile seperti RM-70(Cekoslovakia, digunakan Marinir), Astros II(Brazil, digunakan AD), dan NDL-40(Indonesia, digunakan AD) juga tidak lama lagi akan diperkuat oleh kehadiran R-Han 122. Roket R-Han 122 sendiri sebenarnya roket yang telah berhasil dibuat pada tahun 2011. Namun menggunakan platform yang diluncurkan dari truck beserta tabung peluncurnya baru teralisasi dan diujicoba pada tahun 2012. Roket ini telah diuji coba di Puslatpur Batujajar Sumsel dan memiliki jangkauan lebih dari 15-20km. Oh iya berbagai pihak dilibatkan dalam proyek ini seperti Lapan, PT.DI, Kemenristek, dan berbagai perguruan tinggi.
Ujicoba di Puslatpur Batujajar, Sumsel

E. Lain - lain


1. Gatling Gun
Gatling Gun Pindad
Teman-teman pernah melihat M134 Minigun ? Itu lho senapan mesin multi laras yang berputar sangat cepat dan memuntahkan ratusan peluru hanya dalam hitungan menit. Nah Senapan mesin itu biasanya diinstal dalam Helikopter dan kendaraan tempur darat seperti panser dan kendaraan taktis dan Indonesia telah berhasil memproduksi senapan serupa dan sering disebut jenis Gatling Gun. 

2. SS2-V5


Pindad SS2 - V5
Pindad juga berhasil membuat varian baru dari Senapan Serbu(SS) nya. Bila sebelumnya SS2 terdiri dari varian V4, di tahun 2012 ini Pindad berhasil menciptakan 1 varian baru yang lebih pendek larasnya yaitu V5. Senapan ini didesasin khusus untuk digunakan oleh pasukan elite TNI seperti Paskhas TNI-AU dan Kopassus. Karena larasnya yang lebih pendek mungkin SS2 V5 ini cenderung digunakan untuk pertempuran jarak dekat atau digunakan di Indoor.



Varian Pindad SS2




Well, gimana gan ? Membanggakan bukan. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia telah mampu memproduksi sendiri sarana pertahanannya. Sedikit demi sedikit mulai mengurangi ketergantungan dari impor persenjataan luar negeri. Di Tahun 2013 rencananya sejumlah persenjataan dan kendaraan tempur akan dibuat oleh Indonesia. Selain Tank yang sudah ada purwarupanya, PT. Pindad juga akan meluncurkan kendaraan tempur lain. PT.DI juga akan membuat CN-295 dan beberapa helikopter baru lisensi dari Eurocopter Perancis. Selain itu Prototype pesawat N-219 yang merupakan hasil rancang bangun dan desain dari insinyur penerbangan Indonesia juga mulai akan mengangkasa. Di Matra laut akan diluncurkan kembali "Adiknya" KRI Kujang dan beberapa LST(Landing Ship Tank) buatan galangan kapal Indonesia. Kita tunggu saja di tahun ini.

Wassalamualaikum wr.w.b


Sumber Gambar :
Antara
Kaskus
Istimewa

Sumber :
Indo Defense Blog

8 comments:

  1. Eh tong, kalo bikin tulisan verifikasi dulu napa
    KT-1B, APC Marinir buatan indon
    trus gak dijelasin historis CN-235 tuh seperti apa?tahu CASA?(skrg diakuisisi oleh sapa hayoo??)
    itu gatling gun buatan mana yo?hayo dislitbang mana?kwkwkwk
    yakin prototype tank buatan pindad diproduksi tahun ini?(keadaan keuangan pindad aja kembang kempis)
    pasti ngambil datanya dari situs kakus ama sumber gak jelas.
    udah berapa kali sih ikut pameran senjata?

    ReplyDelete
  2. pake anonym ? manusia gk jelas.
    maap yah posting saya yg ini bkn jelasin sejarah CASA dan CN-235. Baca yg bener judulnya
    Gatling gun kan klo gk salah kerjasaman Dislitbang AD dan Pindad. Mungkin gambarnya salah kali ya sebab gw memang blm pernah lht lgsung tuh gatling gun.
    terus masalah buat lu gw ngambil dr kaskus dan situs2 lain ?

    ReplyDelete
  3. lho suka-suka gue dong, itu ada kolom "anonymous". ya gw pake aja. coba eluh hapusin deh
    eh tong, klo nulis di situs kelas cere macam blogspot tuh verifikasi dulu kenapa. eluh kan pernah di jurnalis. masa lu gak tau verifikasi sumber dan materi substansi
    eluh ngasih informasi yg menyesatkan^^hwhhwhwwhh
    terus eluh gak ambil data lewat lapangan?cuma comot aja dari situs2 geje?wah parah eluh

    ReplyDelete
  4. lha terus masalah buat lo ? setau gw yg gw pelajari dalam media online itu salah satunya boleh mengambil dari sesama sumber media elektronik jg, tdk terbatas itu mau blog apa website professional. Lagian kan jg sdh saya sertakan sumbernya, itu baca deh dan lihat yg bener di bagian bawah tulisan. Gw emg ngakuin klo web blog ak bkn lah blog professional, jd ya wajar tulisannya cmn berdasarkan data pustaka(bacaan di internet maupun berita). Lu yang harus belajar di dunia jurnalistik ak yg ngerti aja mengaku msh bnyk kesalahan.

    ReplyDelete
  5. itulah mahluk dari kaum pembelajaran jurnalisme online dan jurnalisme warga secara praktis. ndak tahu verifikasi kali nih yah bocah..
    aahhh,,yang penting pesawat latih KT-1B buatan indon..bwhahahahaha
    bikin informasi jangan menyesatkan tong,,bwhahahaha...

    ReplyDelete
  6. dari bahasanya sudah jelas ini pasti orang MALON, maklum orang malon bisanya cmn iri. Negaranya tak mampu buat senjata2 bagus. Ckckckckkck sadar, jgn cmn kritik mari berbuat. Lu punya gk blog ap situs sini gw lihat mau belajar sm lu ?

    yg blg KT - 1B buatan Indonesia siapa ? baca yg bener "Pesawat bermesin Turboprop ini sebenarnya hanya dirakit oleh PT. Dirgantara Indonesia".

    ReplyDelete
  7. idih belajar ama gueh
    nak comel sangat awak kau, dasar indon babu sahaja
    lihat judulnya, produksi terminnya seperti apa?buatan?
    si dirgantara indon produksi apa rakit?macam mana KT-1B buatan indon, macam klaim lagi. sudah minim info field analysis, info sesat ke khalayak publik. sudah sangat, cakap dengan indon tak mahu tahu. tak mahu tahu pula inspection ke dirgantara indon fucking moron

    ReplyDelete
  8. untuk anda orang malaysia, saya sgt menghormati org malaysia dan saya tdk mau ikut2an dgn anggota2 forum yg saling mengejek. Saya org yg positif thinking dan tdk suka menghina negara lain. Saya tdk setuju dgn peperangan atau perpecahan. Klo kamu islam lebih baik sadar, perkataan kasar memang org2 malaysia itu kasar ya ? dr awal saja panggil orang udah "tong" kamu pikir gak ada kata yg lebih sopan lagi yah ?
    haduh haduh sudahlah tak adagunanya menanggapi sesuatu yang dengan nyatanya pengecut dan tidak berani menunjukkan jati diri. im feel sorry for you guys, you cant showed your "deadly weapon".

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.