Tuesday, 24 July 2012

Inilah Nama Kota di Indonesia Tempoe Doeloe(Area Sulawesi dan Indonesia Timur)

Assalamualaikum gan, apa kabar semua ? Semoga dalam keadaan baik-baik saja yah meskipun dalam kondisi menjalankan ibadah Puasa bagi umat muslim dan muslimah. Nah gan masih ingat posting saya tentang nama-nama kota di Indonesia tempo dulu(sebelum mengalami perubahan) ? Kemarin kita baru bahas sampai nama-nama kota tua sampai wilayah Kalimantan, sekarang akan saya tuntaskan untuk wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur. Mau tau dimana saja ? Mari kita bahas.


1. Ujung Pandang = Makassar

Di tempat pertama ada kota yang terkenal dengan sebutan Kota Angin Mamiri. Atau teman-teman ingat dimana letak Pantai Losari, Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat dan Bandara Internasional Sultan Hassanudin yang modern itu, ya itulah dia Makassar. Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan ini memang menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Makassar sudah disebut-sebut dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca pada masa Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-15. Makassar juga salah satu Kota yang strategis karena terletak di jalur ALKI(Alur Laut Kepulauan Indonesia) yang terletak di Selat Sulawesi, Laut Jawa, dan Laut Bali. Tak heran Makassar sudah terkenal sejak dahulu dan menjadi salah satu wilayah yang diperebutkan oleh Belanda karena letaknya yang strategis di dekat jalur perdagangan rempah-rempah dunia. Pada Abad ke-17 berdiri Kerajaan Islam Gowa-Tallo, namun pada 1669 diserang oleh Belanda. Pada masa Orde Baru atau lebih tepatnya pada tahun 1971 hingga transisi ke 1999 Makassar lebih dikenal dengan nama Ujung Pandang sebagai nama resmi administratif kota ini. Namun sekarang kembali lagi dikenal dengan nama Makassar.



2. Hollandia = Sukarnopura = Jayapura

Beralih ke Bumi Cendrawaih, Papua. Di wilayah ini ada Kota Jayapura yang merupakan ibukota Provinsi Papua, Provinsi yang letaknya paling timur di Indonesia. Jayapura dulunya lebih dikenal dengan nama Hollandia, nama ini diberikan oleh Kapten F.J.P Sachses dari Angkatan Darat Kerajaan Belanda yang ia dirikan pada tahun 1910. Pada masa Perang Dunia ke-II Jayapura pernah menjadi salah satu basis pertahanan Amerika Serikat melawan jepang, markas Jenderal Mac Arthur yang termashyur itupun pernah berdiri di sekitar Jayapura. Jayapura resminya baru menjadi wilayah kedaulatan RI pada tahun 1969 lewat usaha yang sangat panjang dan modal yang sangat besar. Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak mencakup wilayah Papua, melainkan hanya sampai wilayah Maluku. Namun Bung Karno memiliki keinginan keras untuk membebaskan Irian Barat dari Belanda atas dasar memiliki banyak kesamaan dan rasa. Maka dari itu diproklamirkan lah Operasi Mandala dengan Tritura yang fenomenal itu. Perjuangan pun berhasil dan Irian Barat berhasil masuk kepangkuan NKRI lewat Referendum yang dikenal dengan Pepera. Pada masa itu Jayapura lebih dikenal dengan nama Sukarnopura. Barulah pada tahun 1969 menggunakan nama Jayapura secara resmi. Nama Jayapura diambil dari bahasa sansekerta yang artinya Jaya atau kemenangan dan Pura yang berarti Kota. Jadi Jayapura adalah Kota Kemenangan sebagai representasi sebagai kemenangan Indonesia memperjuangan Irian Barat.


3. Cakranegara = Mataram

Kota Mataram adalah sebuah kota yang terletak di gugusan kepulauan Nusa Tenggara dan menjadi ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota yang terletak di Pulau Lombok ini dahulunya dikenal dengan nama Cakranegara. Masih ingat posting saya sebelumnya yang tentang Sejarah Kitab Negarakertagama ? Nah salah satu bagian dari Negarakertagama itu ditemukan oleh Sejarahwan Belanda di Puri Cakranegara 1894 saat menyerang Raja Lombok. Hinggat saat ini di Mataram masih terdapat corak pengaruh adat Hindu Bali karena beberapa wilayah kerajaan di Bali dahulunya memang hingga ke wilayah Pulau Lombok.


Well, itulah dia Kota-Kota di wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur yang mengalami perubahan penamaan. Di 3 kota itu pula terdapat tempat wisata bagus lho, seperti di Makassar dengan Wisata Belanja, dan Wisata Kuliner dengan Sop Konro dan Es Pisang Hijau yang nikmat itu. Jayapura yang dekat dengan tempat diving keren yang Indah, dan Mataram yang tidak jauh dari Pantai Senggigi.

Wassalamualaikum, wr.wb.

Sumber :
Wikipedia

Sumber Gambar :
Istimewa

No comments:

Post a Comment

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.