Friday, 23 March 2012

Antara Serangan Tomcat dan Ulat Bulu Tahun Lalu.

Assalamualaikum gan, apa kabar semua ? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yah. Oh iya sebelumnya saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 2090 Saka bagi umat Hindu yang merayakannya. Semoga dapat mendekatkan diri kepada tuhan dan mendapatkan keselamatan dan keberkahan hidup, Amin.

Gan, pada merhatiin media massa gak akhir-akhir ini ? Coba deh lihat apa yang lagi sering diberitakan akhir-akhir ini. Kenaikan BBM ? ya itu tidak salah namun ada satu lagi yang membuat masyarakat resah yaitu serangan Serangga Tomcat. Kasus serangan Serangga Tomcat pertama kali muncul di tahun 2012 berawal dari Surabaya. Dimana banyak masyarakat yang mengeluh menderita luka perih hingga seperti melepuh dan dilarikan ke Rumah Sakit. Kemudian serangan Tomcat meluas ke Sidoarjo, Ngawi, hingga sekarang dikabarkan serangan Tomcat sudah sampai di Jakarta.

Serangan Tomcat yang terjadi di saat akan terjadi pergantian musim dari Hujan ke Kemarau ini persis dengan serangan serangga Ulat Bulu tahun lalu yang juga membuat heboh di media massa serta sama-sama membuat warga resah. Meskipun hanya Ulat namun saat itu kejadiannya menyebar sama-sama dimulai dari Jawa Timur hingga ke Jakarta. dan Ulat Bulu ini juga membuat iritasi kulit bagi siapa saja yang menyentuhnya. Lalu mengapa serangan serangga seperti ini terulang lagi setiap tahunnya meskipun bukan serangga yang sama ? Salah satu alasannya selain karena rusaknya habitat serangga ini, berkurangnya predator, dan musim hujan yang berkepanjangan. Lho hujan juga salah satu faktornya ? Benar, sebab saat hujan banyak daerah-daerah yang lembab dan daerah yang lembab inilah terindikasi sebagai tempat yang disukai oleh serangga predator ini.

Pakar Serangga Universitas Gajah Mada(UGM) Suputra seperti yang saya kutip dari Kompas.com. Bahwa setiap serangga memiliki ledakan populasi berperiode. Periode ini berbeda bagi masing-masing jenis serangga. Bisa setiap tahun, empat tahun sekali bahkan hingga lebih dari sepuluh tahun sekali. Inilah salah satu penyebabnya mengapa serangan Ulat Bulu di tahun ini tidak kita rasakan, melainkan berganti dengan meledaknya populasi Tomcat ini. Masih menurut keterangannya, ledakan populasi serangga juga bervariasi tidak sama antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Jadi peristiwa ini wajar dan bersifat Ilmiah. Beberapa serangga yang populasinya sering meledak selain Ulat Bulu dan Tomcat adalah Kupu-kupu dan Belalang.

Lalu apa yang membuat ledakan populasi pada serangga ? Selain karena faktor musim, ketersediaan makanan, musuh alami dan juga ada faktor instrinsik pada serangga tersebut yang hingga sekarang masih misteri. Kita juga tidak mengetahui tahun depan apakah kembali terulang serangan serangga seperti tahun 2011 dan tahun 2012 ini.

Tomcat sebenarnya bukanlah serangga yang suka menyerang manusia. Bahkan Tomcat merupakan sahabat petani karena ikut membantu petani dalam mengusir hama seperti hama wereng, semut, dan lalat buah. Menyerangnya Tomcat ke manusia diduga karena penanganan yang salah. Berikut ada beberapa tips terkait mengindari serangan Tomcat :
  1. Tomcat senang ditempat yang lembab. Seperti Toilet, Gudang, Handuk yang basah dll. Waspadalah bila memasuki tempat-tempat ini dan jangan simpan handuk anda di dalam rumah atau dalam ruangan. Bila handuk anda terkena Tomcat segera ganti handuk yang lain, karena terindikasi racun tomcat tertinggal di handuk anda.
  2. Tomcat peka terhadap cahaya. Maka dari itu posisikan diri anda tidak dekat dengan lampu dan pastikan terdapat cukup ventilasi udara di dalam ruangan anda untuk keluar masuknya Tomcat.
  3. Tempat lain yang disenangi Tomcat di luar rumah yaitu persawahan dan rawa-rawa.
  4. Jika Tomcat hinggap di kulit anda bersikaplah tenang agar tidak diserang. Cara mengusirnya cukup ditiup atau disentil.
  5. Jangan menepuk Tomcat hingga mati jika berada di kulit anda. Sebab racun dari tubuhnya dapat membuat anda iritasi meskipun anda tidak tersengat.
  6. Jika tersengat segera bersihkan dengan air dan beri salep kulit yang biasanya digunakan untuk meredakan serangan serangga. Untuk lebih baiknya segera menghubungi dokter terdekat.
Well, itulah dia terkait analisis serangan Tomcat dan cara penanganannya. Semoga bermanfaat bagi saudara semua.

Wassalamualaikum, Wr. Wb.



Sumber :

Sumber Gambar :
Istimewa.

No comments:

Post a Comment

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.