Friday, 6 January 2012

Inilah Alutsista Jenis Baru Yang Berhasil Dibuat Indonesia Sepanjang 2011

Assalamualaikum gan, Apa kabar ? semoga tetap dalam keadaan baik-baik saja yah. Well...kali ini kita akan membahas tentang Alutsista(Alat Utama Sistem Persenjataan) yang berhasil dibuat oleh Indonesia sepanjang tahun 2011. Tentunya jenis-jenis baru, bukan alutsista yang berhasil kita buat sebelumnya yang bisa dicek pada artikel Alutsista Mandiri Asli Buatan Anak Negeri .
Emang kita yang berhasil dibuat apa sih ???

Mari gan kita cek 1 by 1.




-Helikopter N-Bell 412 EP


Bell Helicopters adalah perusahaan yang memproduksi helikopter yang berbasis di amerika. Namun Dirgantara Indonesia selaku industri pesawat terbang dan helikopter satu-satunya di Indonesia mendapatkan lisensi untuk membuat helikopter jenis ini. Helikopter ini telah diekspor ke beberapa negara dan juga digunakan sendiri oleh TNI maupun sipil. TNI sendiri menggunakan helikopter ini untuk keperluan Angkatan Darat(AD) dan Angkatan Udara(AU). Bukan hanya berhasil membangun saja, tapi PT.DI berhasil mengembangkan varian baru dari seri keluarga Bell 412 ini, yang diberi nama N-Bell 412 EP. Keunggulan dari helikopter ini terletak pada tenaga yang besar dari Bell 412 seri lain dengan menggunakan jenis mesin yang baru. Maka dari itu EP sendiri singkatan dari Extra Power. Dengan tenaga yang besar otomatis helikoter ini berkemampuan lebih seperti lebih cepat dan memiliki daya angkat yang besar pula.



-KRI Banda Aceh 593


Kapal perang yang satu ini dibuat di galangan kapal PT.PAL Surabaya yang sudah terkenal memproduksi berbagai macam kapal termasuk kapal perang. Kapal berjenis LPD(Landing Platform Dock) ini dibangun oleh PT.PAL menggandeng pihak Daewoo Korea Selatan untuk mengawasi pembuatan kapal ini. Karena sebenarnya Indonesia memesan LPD sebanyak 4 Unit yang diantaranya 2 Unit dibuat di Indonesia antara lain KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh ini. Namun bukan Indonesia namanya kalau tidak melakukan pengembangan. 2 Kapal LPD lainnya yang dibangun di Korsel hanya mampu memuat 3 Helikopter, Sedangkan yang dibangun di PT.PAL bisa dikembangkan agar bisa mengangkut 5 Helikopter. Tidak hanya dapat membawa 5 Helikopter sekaligus saat berlayar. Kapal ini juga dapat membawa 2 LCVP(Landing Craft, Vehicle, Personnel) yaitu kapal kecil yang biasa digunakan untuk menerjunkan personel dan kendaraan saat operasi amfibi hingga ke garis pantai. Serta dapat membawa sekitar 40 tank amfibi ataupun tank ringan hingga sedang. Untuk persenjataan sendiri kapal ini dilengkapi dengan 2 Bofors 40mm Canon ,2 Oerlikon 20mm Canon, dan 2 set Mistral missile anti air defence sistem. Oh iya gan kapal ini masuk ke dinas kemiliteran Angkatan Laut sekitar bulan maret 2011 yang sukses menjalani berbagai uji kelayakan. Untuk kawasan Asia Tenggara kapal jenis LPD baru dipunyai oleh Indonesia dan Singapura. Kapal yang juga sering disebut sebagai kapal induk mini ini memang sangat dibutuhkan oleh negara-negara maritim seperti Indonesia. Karena selain memiliki daya angkut yang besar, Juga dapat digunakan untuk penanganan bencana alam seperti salah 1 dari 5 LPD yang kita punya yaitu KRI Dr.Soeharso yang menjadi rumah sakit terapung bagi TNI-AL.




-KRI Clurit 641

Kapal perang yang berjenis KCR(Kapal Cepat Rudal/Fast Missile Boat) ini dibangun oleh PT.Palindo Marine Indsutries di Batam. Memiliki kecepatan hingga 30 Knot kapal ini dituntut untuk bergerak cepat untuk menghancurkan musuh selain fungsi untuk patroli di Selat Malaka. Kapal dilengkapi dengan 1 unit meriam 6 barel caliber 30 MM 2 unit meriam anjungan caliber 20 MM. Memang kecil meriam yang dipunya oleh kapal ini, Namun senjata sebenarnya adalah 2 Set rudal C-705 yang dimiliki kapal ini. C-705 sendiri rudal buatan China dengan daya jangkau hingga 75 kilometer sedangkan bila dipasang booster pada rudal ini daya jangkaunya bisa sampai 170 kilometer !! Jadi jelaslah kapal ini memang kecil namun mematikan sama seperti clurit.


-Hovercraft

TNI AD telah berhasil membuat Hovercraft yang diberi nama Kartika. Kendaraan yang dapat digunakan di perairan maupun di daratan ini dibuat oleh Dinas Litbang AD. Pada Februari 2011 Hovercfraft ini dipamerkan ke publik.
Hovercraft yang memiliki kecepatan hingga 25 Knot ini mampu membawa beban hingga 5 ton sehingga muat untuk membawa 1 truck keci. Fungsi utama dari hovercraft lebih digunakanuntuk mengangkut perbekalan TNI selain dapat pula digunakan untuk misi kemanusiaan lainnya.




-Roket R-Han 122
Perkenalkan Roket R-Han 122 buatan berbagai instansi antara lain Kemenhan, Kemenristek, LAPAN, PT.DI , PT.Dahana, dan Pindad. Roket yang memiliki daya jangkau 14 Kilometer ini dibawa dengan menggunakan mobil launcher dengan tambahan gandengan. Sehingga total mobil launcher tersebut dapat membawa 12 Roket R-Han 122.

Roket ini sudah diuji coba di Pusat Latihan Tempur AD Baturaja sekitar bulan November 2011. Meskipun roket ini telah ada pada awal tahun 2011. Indonesia berencana memproduksi 1000 R-Han 122 ini hingga tahun 2014. Keberadaan R-Han 122 sendiri sangat penting untuk membantu pasukan Artileri dalam menggempur musuh yang lebih jauh jaraknya karena meriam Artileri sendiri memiliki keterbatasan jarak jangakauan.


-Panzer Pindad

Panser anoa asli buatan Pindad telah memiliki beberapa varian baru diantaranya :

1.Panser Tarantula dengan kanon atau meriam.

2.Panser Pelontar Mortir
Panser yang berawal dari pengembangan ANOA APC 6X6 ini kemudian ditambahkan alat pelontar mortir seperti yang bisa dilihat gambar dibawah ini.
Hebat bukan ?. karena mortir dapat dilontarkan dari dalam panser tidak perlu lagi menggunakan mortir konvensional yang diletakkan di atas permukaan tanah.

3.Anoa Crane
Panser anoa yang ini selain dapat digunakan untuk membawa pasukan juga memiliki sebuah crane yang dapat digunakan untuk mengangkat berbagai macam perbekalan TNI yang beratnya minta ampun.



Nah gan itulah beberapa alutsista yang berhasil dibuat di dalam negeri pada tahun 2011. Selain jenis baru yang sudah saya paparkan tadi, pada 2011 Indonesia juga berhasil menyelesaikan CN-235 MPA pesananan Korean Coast Guard dan Helikopter NAS 332 Super Puma buatan Dirgantara Indonesia.
Hebat bukan Indonesia ?, ternyata kita sudah mampu membuat Alutsista sendiri meskipun teknologinya tidak terlalu tinggi. Maka dari itu berikan hormat kepada SANG SAKA MERAH PUTIH dan berterima kasih kepada Prajurit TNI yang gigih dan berani mempertahankan kedaulatan teritorial Indonesia.

Sekian dan Wassalamualaikum Wr.Wb.



Sumber:
Majalah Defender Edisi 54 2011

Sumber Gambar :
Istimewa

1 comment:

  1. jaya lah Indonesia....Raksasa Asia yang sedag sakit......Jangan pernah lagi di remehkan negara serumpun.....Jaya TNI.....

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.