Friday, 25 November 2011

Inilah 5 Energi Alternatif Yang Cocok Untuk Indonesia

Assalamulaikum gan,apa kabar semua ? semoga dalam keadaan baik baik saja yah.sudah lama saya tidak posting tentang teknologi.maka dari itu di posting saya kali ini akan membahas tentang renewable energy khususnya untuk keperluan listrik yang cocok dibangun di Indonesia.

Indonesia dengan wilayah yang cukup luas yang terbagi oleh 3 daerah pembagian waktu.yang terletak di antara 2 benua dan 2 samudera.negara yang memilki penduduk terbesar ke-4 di dunia saat ini juga dihadapkan dengan kenyataan krisis energi seperti layaknya negara berkembang lainnya.pemerintah mulai berfikir keras bagaimana caranya agar supply energi mencukupi dari sabang sampai merauke.
berbagai pembangkit listrik dibangun dengan berbagai tenaga.dan yang paling gencar dibangun adalah tenaga uap.PLTU(Pembangkit Listrik Tenaga Uap) tersebar di berbagai pulau di Indonesia terutama Sumatera dan Jawa.pembangkit listrik ini menggunakan Batu Bara yang dibakar dan menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin hingga disalurkan ke genarator dan akhirnya menjadi listrik.

Keanekaragaman energi alternatif di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk membangun Pembangkit Listrik yang baru.yang bebas dari tenaga fosil.berikut sumber tenaga alternatif yang cocok dibangun di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan arus listrik.





1.Tenaga Turbin Angin(windmill)


Tenaga angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tak akan pernah habis.apalagi jika diletakkan di dekat pantai yang kaya dengan angin yang kencang.sistem kerja dari turbin angin ini dengan menggunakan kincir angin.kincir angin dibangun tinggi sekira diatas 30meter.bilah-bilah pada kincir angin akan memutar gear yang berada di bawah tanah pada kincir tersebut.lalu gear tersebut memutar turbin dan selanjutnya disalurkan ke generator hingga menjadi arus listrik.negara yang sudah menggunakan pembangkit jenis ini antara lain belanda dan belgia.tak heran belanda mendapatkan julukan sebagai negeri kincir angin.karena tak sulit menemukan kincir angin yang digunakan untuk berbagai keperluan di negeri tersebut.antara lain untuk keperluan pembagkit listrik dan irigasi.


2.Tenaga Panas Bumi(Geothermal)

Tenaga yang satu ini juga sangat cocok dibangun di Indonesia.dengan memanfaatkan uap panas yang banyak terdapat di dekat daerah gunung berapi.praktis pembangkit ini dapat dibangun di seluruh pulau di Indonesia kecuali Pulau Kalimantan yang memang tidak mempunyai gunung berapi.Untuk membangkitkan listrik dengan panas bumi dilakukan dengan mengebor tanah di daerah yang berpotensi panas bumi untuk membuat lubang gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin yang tersambung ke Generator.di Indonesia beberapa Geothermal sudah dibangun,salah satunya diwilayah Sulawesi Utara.


3.Tenaga Ombak(wave)

Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia,tenaga ombak sangat cocok pula bila diterapkan di Indonesia.
Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga ombak(wave) atau gelombang laut ini bisa dilihat di foto diatas.air laut yang memiliki arus yang cukup kuat masuk ke dalam terowongan lalu diteruskan untuk menggerakan turbin,dan selanjutnya disalurkan ke generator.dan akhirnya dihasilkan arus listrik yang dapat digunakan.beberapa negara yang sudah menggunakan energi ini untuk keperluan pembakit listrik yaitu Norwegia di negara Skandinavia dekat dengan Baltik.



4.Tenaga AirTenaga Air dapat dijadikan sumber energi alternatif dengan membangun PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air).
Dengan memanfaatkan sungai yang memiliki arus yang deras.maka pembangunan PLTA diharuskan pula untuk membangun bendungan.sistime kerjanya dapat dilihat di gambar.sungai yang memiliki arus yang deras ditampung dan masuk kedalam terowongan dari permukaan sungai yang lebih tinggi.lalu karena kemiringan tersebut arus air dapat lebih kencang dan akhirnya dapat memutarkan turbin yang disalurkan ke generator dan menghasilkan listrik.pembangunan PLTA ini paling tepat bila dibangun di sungai yang beraliran konsekwen atau subskwen yang memiliki satu arus saja.kelemahan dari PLTA adalah saat debit air pada sungai tersebut menurun,makan pasokan listrik juga akan berkurang.begitupula sebaliknya bila pasokan debit air banyak terutama sehabis hujan maka turbin akan berputar lebih kencang dan menghasilkan listrik sesuai dengan kemampuan turbin.seluruh pulau-pulau besar di Indonesia memiliki PLTA,terutama di wilayah Sumatera dan Jawa.


5.Energi Sampah(Biomass)


Diantara berbagai energi alternatif yang sudah dibahas diatas,inilah energi alternatif yang paling unik.siapa bilang sampah tidak bisa digunakan apa-apa lagi dan tidak memiliki nilai ekonomis ?
dengan sampah lah saudara-saudara kita yang bekerja sebagai pemulung dan pengepul barang bekas bisa hidup saat ini.tak cukup disitu,ternyata sampah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang bernama PLTSa(Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).banyak negara yang sudah menggunakan energi ini,salah satunya Jepang dan Korea.
kebetulan beberapa Kota Besar di Indonesia memiliki problem terhadap sampah yang sudah akut.mungkin pembangkit tipe ini bisa menjadi solusinya.
cara kerja dari pembangkit tipe ini pertama sampah harus dipilah terlebih dahulu terutama yang masih dapat didaur ulang dan yang tidak.setelah itu lalu dimasukkan ke dalam Insenerator.agar pembakaran sampah ini tidak berbahaya bagi lingkungan maka di dalam Insenarator suhu pembakaran nya harus diatas 1300 derajat celcius!.asap yang keluar dari lubang pembakaran juga dikendalikan agar memenuhi emisi gas buang sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan.
dari proses pembakaran yang terjadi di insenerator yang menghasilkan panas lalu disalurkan untuk memanaskan Boiler lalu ke turbin dan disalurkan ke generator dan akhirnya menjadi arus listrik.bagaimana dengan sisa pembakaran tersebut ?? sisa pembakaran yang berupa abu bisa digunakan untuk membuat bahan material baru seperti batako dan batu bata.bahkan bisa dicampurkan ke dalam adonan untuk pembutan asbes atau bahan bangunan lainnya.
salah satu kota yang sudah menerapkan Pembangkit jenis ini adalah Kota Bandung di Jawa Barat.



Mengapa sumber energi tenaga surya tidak saya masukkan ke dalam daftar ini.tenaga surya sesungguhnya kurang cocok diterapkan di Indonesia(menurut ahli listrik).meskipun Indonesia merupakan negara tropis,namun justru di negara tropis itulah banyak terdapat awan yang menutup jalannya sinar matahari.belum lagi ditambah bila cuaca tidak bersahabat(hujan,mendung,badai dsb) maka solar cell tidak dapat menghasilkan arus sama seperti malam hari yang tidak terdapat sinar matahari.
Tenaga Nuklir juga sebenarnya tidak cocok di Indonesia.beberapa alasannya karena di Indonesia rentan dengan bahaya gempa kecuali pulau kalimantan dan juga bangka belitung.pembangunan nuklir memang harus sedekat mungkin dengan laut untuk keperluan pendinginan generator dan turbin.memang menurut saya Nuklir tidak cocok dibangun di Indonesia.karena masih terdapat banyak tenaga alternatif yang jauh lebih ramah lingkungan dan tidak membahayakan bukan ?


Wassalamualaikum wr.wb


Sumber Gambar
-Pencarian Gambar Google
-istimewa

Sumber
-Wikipedia Indonesia

2 comments:

  1. From literature we can see that each kind of energy can be changed into other kind of energy.
    Gravitation power is energy resource available throughout the world and the number relatively unlimited. For producing electric energy people usually using from fossil energy.
    In the field of technology we always see from a wheel that turns slowly it is possible to make other wheels turn fast. You can see this event with a grinding stone. A wheel that turns very fast can make a knife sharp or a car move very fast, even a helicopter is able to fly because the propeller is turning very quickly.
    In a motor or other machine the burning of fuel, coal or gas makes the piston move up and down which makes the motor or engine move. In this case energy fossil appear if it is being burned.
    Gravitation power and full power is appearing when a thing or float move vertically (up and down)

    4. Analysis and debate

    As we know the sea level along a beach moves up and down because of the gravitation energy from the moon. In 24 hours there are two movements of the sea level besides waves. These are the incoming and outgoing tides.
    By following the tides, we can make float put on the water moves vertically, so the energy of gravitation is appearing. A float will the regular movement and this movement can be used to turn wheels which are part of a machine or engine. So now we find new energy through a resource named energy resource of float system (erofs) or gravitation machine . There are many advantages of the use of this technology such as:
    a. Cost of production is very low, because the energy resource is gravitation is free.
    b. Increasing social welfare by creating new vacancy
    c. Increasing industry and economic growth
    d. Decreasing of air pollution by decreasing the use of oil and coal
    e. Decreasing of global warming.

    5. Float System

    I have described a new way in which the movement of the float can be used to move the wheel of a machine in the paper with the title ”Sumber Energi Sistem Pelampung: (SESP) or Mesin Gravitasi = Energy Resource of float System (EROFS), this technology can be used in many ways such:
    a. An electric energy by adding a movable dynamo engine
    b. Water pumps which can be used for fish ponds and shrimp farms

    The float moves vertically due to tidal power created by the gravitation of the earth combined with the law of Archimedes, so the bigger the float is the bigger the power. So this technology can produces electric energy any amount people need. The working of the “Float System” is explained shortly here:
    a. The vertical movement of the float is changed into a turning movement of the wheel
    b. The turning movement which is still slow is changed to a fast turning movement within a gear box.
    c. The wheel which is turning fast is connected to a dynamo
    d. The dynamo produces the electric energy

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.