Friday, 17 June 2011

Analisis Fenomena Warung Padang Yang Tak Lekang Hilang Dimakan Zaman

Assalamualaikum gan,gimana kabar nya ??? semoga tetap diberikan rahmat dan hidayah nya yah oleh Allah sehingga saya masih bisa menelurkan posting dan agan-agan bisa membaca posting saya.
nah gan di posting saya kali ini ane mau bicarain tentang KULINER,kebetulan udah lama nih gak bisa bicarain tentang makanan yang bisa buat agan-agan pada ngiler dan serasa ingin mencoba nya langsung.

Agan-agan pasti udah pada tau kan waung padang,bahkan mungkin di antara agan-agan ada yang punya usaha warung padang ??? klo dipikir-pikir nih ya warung padang itu gampang banget ditemui,mulai dari perkotaan sampai pedesaan tak susah mencari warung padang.menunya pun tidak jauh berbeda rasanya antara warung padang yang satu dan lainnya.harganya pun bisa dibilang pas untuk seukuran kantong kaum dengan penghasilan sederhana.dari sabang sampai merauke pasti ada warung padang,baik yang jualan orang padang atau bukan.tapi tetap namanya warung padang.bahkan di luar negeri juga ada loh warung padang.

beda dengan warung-warung atau rumah makan lain yang menjual trendsetter makanan baru seperti makanan jepang dan amerika yang berkembang dengan cepat bagai jamur di musim hujan,namun tak lama kemudian harus tutup dan gulung tikar.warung padang tetap eksis sejak zaman dahulu hingga sekarang,meskipun perkembangan nya tidak terlalu cepat namun pasti.

memang apa sih yang membuat warung padang tetap eksis sampai sekarang dan selalu mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat ??? mari kita analisis.

Pertama,Warung Padang menu nya sangat variatif.mulai dari yang direbus sampe yang dibakar tersedia di warung padang,mulai dari sayuran warna ijo sampe yang warna nya gak jelas juga ada.mulai dari hewan laut seperti ikan sampai hewan di darat seperti sapi pun juga tersedia.dijamin klo misalnya bosen tinggal ganti saja lauknya,tinggal pilih.selain itu yang namanya nasi padang otomatis pake nasi,nah kita tau sendiri ada anggapan "belum makan namanya klo belum makan nasi" nah kita tau sendiri makan nasi itu gak bosen,dan memang sepertinya harus.inilah yang mebuat warung padang tetap eksis.bandingkan dengan makanan jepang yang bahan dasar nya gak jelas banget,bahan-bahan makanan yang belum pernah kita dengar sebelumnya.



Kedua,Warung Padang memiliki menu/lauk yang sangat khas dan jarang kita temui di warung makan dan restoran lain.misalnya,Ayam Pop,Gulai,Rendang,Sambel Ijo dsb.menu-menu yang saya sebutkan tadi bener-bener menu yang paling banyak dicari oleh orang yang berkunjung ke Warung Padang,soal rasanya juga gak usah ditanya,dijamin menggoyang lidah.


Ketiga,Menu-menu di warung makan padang di jamin HALAL.diterima oleh semua kalangan,suku,latar belakang,agama dan ras.gak peduli orang papua atau orang jawa,gak perduli agama islam atau atheis semua orang suka nasi padang.gak perduli mau presiden atau buruh bangunan,semua nya juga pasti suka dengan yang namanya nasi padang.apalagi kalau gratis,semua rakyat pasti suka termasuk saya,hahahahahah.


Keempat,Harga menjadi faktor terakhir menurut analisis saya.rata-rata seporsi nasi padang dengan lauk daging ayam/rendang bisa ditebus dengan harga di bawah 10ribu rupiah.harganya termasuk menengah.tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah.kalau mau murah lagi bisa sampai dibawah 5ribu rupiah,tapi cuma pake nasi,sambel,lalapan,dan telur ceplok lalu disirami dengan kuah gulai atau pun rendang.bener-bener enyak...enyak....enyak.....!!!



Nah gan inilah analisis saya yang berhasil membuahkan 4 faktor,kalau agan-agan kepingin mending buruan deh langsung tancap ke warung padang sebelum liur agan-agan menetes mengenai keyboard atau laptop agan.
nah kalau analisis agan-agan semua gimana ???? apakah cukup 4 atau lebih !!! di share yah berikan komentar agan....

Wassalamualaikum....


Sumber Gambar
-Pencarian Gambar Google

6 comments:

  1. masakan padang emang nikmat tp jangan banding2 kan ato menjelekan masakan jepang dan amrik dong kalo g punya duit buat ke resto2 itu ya gak usah jelek2 in , pernah denger yg namanya mcd, bentoya,kfc,sushi itu semua juga eksis cmn mahal

    ReplyDelete
  2. makanan amerika tdk saya jelekkan,cmn trend doang yang kemudian harus gulung tikar kayak burger.makanan amerika cenderung mudah diterima meskipun hanya sekali mencoba.

    sedangkan klo makanan jepang orang terkadang masih ragu-ragu untuk mencoba,karena makanan jepang jarang ada dan org tak tau itu terbuat dari apa. stigma makanan luar yg ad di indonesia masih kuat western food,bkn asian food.

    ReplyDelete
  3. ",karena makanan jepang jarang ada dan org tak tau itu terbuat dari apa" anda gak pernah denger hanamasa ya? ato teriyaki, shabu2 dan lain2 itu kan asian food semua , terus burger sampai sekarang masih eksis kayak bernardi, kalau anda ngomong makanan jepang bahannya gak jelas banget mungkin anda belum coba dan kebanyakan orang indonesia juga gak mau coba makanya gak jelas

    ReplyDelete
  4. gak usah nyolot biasa aja,

    teriyai dan shabu-shabu saya tau,tapi kalau hanamasa saya baru denger.
    gak jelas bukan berarti makanan ini dibuat menggunakan bahan berbahaya,namun menggunakan bahan2 yang jarang ditemukan di indonesia.
    makanan jepang yang di indonesia masih ada bahan2 nya yang didatangkan dari jepang langsung atau buatan jepang yg dijual di supermarket.

    ya ngapain juga nyobain makanan mahal2,tipikal orang indonesia itu bukan terlebih soal citarasa makanan.namun bagaimana caranya menikmati makanan dengan rasa yang ckup enak namun murah dan mengenyangkan serta bergizi. wajar burger atau pizza lebih terkenal karena burger harganya masih bisa dijangkau oleh masyarakat indonesia.tapi untuk makanan jepang orang pasti akan mikir dahulu,eman-eman.
    hehhehe dan juga saya alirannya lebih cinta kuliner asli indonesia.

    ReplyDelete
  5. ya gak masalah itu kan tergantung selera orang cuman saya mau kasih masukan aja lain kali kalo ngomong digunakan kata2 yg baik mas "bahan yg tidak jelas banget" itu kan kata bisa menyinggung coba kalo dibalik masakan indonesia bahannya tidak jelas banget itu bisa berkonotasi negatif.

    saya kurang setuju kalo dibilang selera orang indonesia yg penting enak + murah. karena kenyataanya orang indonesia suka dengan yg mewah2 ya tapi berhubung gak ada duit ya mau gimana lagi, jujur saya juga penyuka makanan padang

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwwk adminnya kena semprot , beginilah resiko inet kagak bisa asal mangap mesti ada filternya tuh kayak aquarium wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR !!!

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.