Sunday, 20 March 2011

Inilah 6 Kabupaten/Kota Terkaya di Indonesia Berdasarkan PDB

Assalamualaikum gan,apa kabar semua ??? semoga dalam keadaan baik-baik saja yah dalam keadaan sehat wal afiat.setelah 2 postingan saya sebelum nya membicarakan tentang bali,nah sekarang kiat membicarakan tentang kekayaan.bukan kekayaan seseorang,melainkan kekayaan suatu daerah di indonesia.well kita tahu sendiri indonesia kayak akan SDA nya,jumlah kabupaten/kota di indonesia pun jumlahnya 400lebih yang membentang dari kota sabang di NAD hingga kabupaten Merauke di Provinsi Papua.nah dari 400 lebih kabupaten/kota tersebut ada beberapa daerah yang memiliki kekayaan luar biasa,berdasarkan PDB nya.apa itu PDB ???? PDB adalah nilai semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara/daerah pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional/daerah.
mau tau apa saja daerah tersebut ??? check this out.


1.Kota Bontang,Kalimantan Timur

Peringkat pertama diisi oleh daerah yang berasal dari kalimantan,tepatnya di kalimantan timur.kota bontang terletak di tepi laut,kota ini hanya memiliki 3 kecamatan dan memiliki penduduk kurang lebih hanya 140ribu jiwa saja.namun PDB/kapita yang dihasilkan bontang tertinggi di indonesia dengan membukukan nilai Rp.368,05 juta rupiah setiap tahun nya.itu berarti setiap tahun nya setiap tahun nya setiap warga bontang bisa mengganti mobil baru.buset......
oh iya kekayaan bontang mungkin dikarenakan terdapat perusahaan besar di antaranya:
-Badak NGL,Perusahaan Tambang Gas Alam LNG
-Pupuk Kaltim,Perusahaan Produsen Pupuk dan Amoniak
-Kaltim Nitrate Indonesia, Perusahaan Penghasil Amonium Nitrat Terbesar di Indonesia
-Indominco Mandiri,Perusahaan Tambang Batubara
selain itu pertamina juga memiliki kilang minyak di bontang.pantesan kaya.....


2.Kabupaten Mimika,Papua

Kabupaten Mimika menduduki posisi ke 2 dalam daftar daerah terkaya di indonesia.kabupaten yang beribukota di timika ini membukukan PDB Rp.295juta /kapitanya.di mimika terdapat sebuah perusahaan tambang terbesar di indonesia,yaitu freeport.boleh dibilang mimika merupakan kabupaten yang kaya di papua,tapi ini berbeda 180 derajat dengan kondisi yang ada,dimana provinsi papua barat dan provinsi papua masih menjadi "kuda hitam" dalam daftar provinsi termiskin di indonesia.


3.Jakarta Pusat,DKI Jakarta

Jakarta Pusat berada di posisi ke 3 dengan membukukan PDB Rp.224,41juta /Kapita.sebagai kota tempat ibukota negara dan pusat pemerintahan jakarta pusat diuntungkan sektor bisnis dan jasa yang berkembang pesat di kota ini.


4.Kota Kediri,Jawa Timur

Kota Kediri masuk dalam jajaran Top 6 daerah terkaya di indonesia pada urutan 4.pendapat PDB nya yaitu Rp.202,33 Juta/Kapitanya.Kota Kediri terletak di provinsi jawa timur.kediri sejak lama dikenal dengan kota penghasil rokok,puluhan pabrik dan industri roko tersebar di penjuru kediri termasuk di wilayah kabupatennya,namun yang paling besar dan yang paling besar yaitu Pabrik Rokok Gudang Garam Tbk yang terletak di kota kediri.


5.Kabupaten Siak,Riau

Di urutan ke 5 ada Kabupaten Siak di Provinsi Riau,kabupaten ini memiliki PDB Rp.156,35 juta /kapitanya.kabupaten yang terletak di tepian selat malaka ini letaknya sangat dekat dengan singapura dan malaysia.sektor ekonomi yang berkembang di kabupaten siak yaitu perdagangan dan jasa serta pertambangan.


6.Kabupaten Sumbawa Barat,Nusa Tenggara Barat

Di posisi terakhir ada Kabupaten Sumbawa Barat,di Provinsi NTB.daerah ini memiliki PDB sebesar Rp.128 juta /kapitanya.di kabupaten ini terdapat salah satu perusahaan tambang terbesar di indonesia,yaitu PT.Newmont Nusa Tenggara(NNT).


Nah gan,inilah ke 6 daerah yang memiliki PDB diatas 100 juta di indonesia,apakah kampung halaman agan ada di 6 daerah ini.kalau begitu agan-agan pasti bangga daerah nya kaya.
sekian dulu posting dari saya kali ini,semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr.Wb



Sumber:

3 comments:

  1. ternyata tempat tinggalku terkaya diindonesia bontang is the best tp ad yg kurang tuh perusahaan KNI perusahaan raksasa terbesar diasia tenggara bahan peledak

    ReplyDelete
  2. bagus.. makanya gunakan kekayaan kurniaan Allah ke jalan yang benar, jika ada yang miskin segera dibantu, bukan yang kaya terus 'dikayakan' itu Allah tak redha.

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.