Thursday, 30 December 2010

15 Tugu/Monumen Paling Terkenal di Indonesia (Part 2)




8.Tugu Jogja



Tugu Jogja sesuai dengan namanya terletak di Kota Yogyakarta tepatnya di perempatan jalan mangkubumi dan jenderal sudirman.tugu ini salah satu tugu atau monumen tertua di indonesia,sebab telah berdiri sejak zaman Raja Hamengkubuwono I,raja pertama sekaligus pendiri kraton yogyakarta.oh iya pendirian tugu ini diyakini memiliki magis berupa garis imajiner yang lurus sari utara ke selatan,dari Gn.Merapi-Tugu-Kraton-Panggung Krapyak-Pantai Parangtritis.




9.Monumen Jogja Kembali


Masih di Yogyakarta,monumen jogja kembali atau disingkat Monjali merupakan sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang peringatan atas ditarik nya tentara pendudukan belanda dari ibu kota RI pada waktu itu di Yogyakarta yang merupakan tanda awal bebasnya bangsa indonesia dari intervensi belanda,oh iya monumen ini dibangun pada tanggal 29 juni 1985,didalam nya juga ada museum dan berbagai miniatur perjuangan pejuang indonesia dalam melawan belanda.




10.Monumen Kapal Selam


Monumen Kapal Selam atau biasa disingkat Monkasel terletak di Kota Surabaya.tidak seperti monumen kebanyakan yang dibangun dari bahan material dsb,monumen ini murni dari kapal selam lho.sebenarnya monkasel adalah kapal selam KRI Pasopati 410 yang dibeli RI dari Uni Soviet pada tahun 1952 yang digunakan untuk pembebasan Irian Barat.selain sebagai sebuah monumen,didalam komplek monkasel juga ada museum kapal selam yang merupakan satu satu nya museum kapal selam yg ada di Asean.




11.Tugu Pahlawan


Masih di surabaya,Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan arek-arek suroboyo pada pertempuran 10 November 1945 di surabaya.di mana waktu kala itu arek suroboyo berjuang mati-matian untuk mempertahankan kota surabaya dari gempuran belanda dan sekutunya.selain itu setiap tanggl 10 November juga diperingati Hari Pahlawan.




12.Monumen Bom Bali

Monumen Bom Bali merupakan sebuah monumen yang didirkan di kota denpasar bali,tepat nya di dekat jalan legian.monumen ini didirkan untuk memperingati kejadian Bom Bali I pada tahun 2002 yang memakan korban tewas lebih dari 100 jiwa yang mayoritas adalah wisatawan mancanegara.




13.Monumen Garuda Wisnu Kencana

Masih di bali,Monumen Garuda Wisnu Kencana dibuat oleh pematung terkenal bali I Nyoman Nuarta,monumen ini dibuat sebagai taman budaya dan menjadi ikon pariwisata bali dan indonesia.




14.Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Berada di Kota Makassar,Sulawesi Selatan.monumen ini didirikan sebagai bentuk perjuangan TNI dalam pembebasan irian barat dibawah kekuasaan belanda pada tahun 60'an.monumen ini didirikan di makassar sebab waktu itu di makassar lah menjadi pusat komando TNI dalam upaya perebutan irian barat.




15.Monumen Gong Perdamaian


Monumen Gong Perdamaian berada di Kota Ambon,Maluku.monumen ini didirakan sebagai bentuk rasa bahwa Bangsa Indonesia cinat perdamaian dan sebagai perwujudan provinsi maluku yang sekarang telah damai.gong ini diresmikan oleh presiden SBY pada tanggal 25 November 2009.



Nah......inilah dia ke 15 Tugu/Monumen yang paling terkenal dan mempunyai daya tarik di indonesia,baik bagi pariwisata maupun sejarah dan iptek.sebenarnya masih banyak tugu/monumen lain di indonesia yang tidak kalah nilai historis nya seperti Monumen Bandung Lautan Api dan Monumen Bahari.namun entah mengapa ke 2 monumen itu kurang terkenal sehingga banyak orang yang tidak mengetahui dan tidak saya masukkan ke dalam daftar 15 ini.
sekian yah gan posting saya kali ini,dan ini merupakan posting terakhir saya di tahun 2010.sampai jumpa di posting saya pada tahun 2011....
oh iya selamat hari natal bagi yang merayakan dan tahun baru buat semua.

Wassalamualaikum


Sumber:
Pencarian Gambar Google

3 comments:

  1. trima kasih atas informasinya .......

    ReplyDelete
  2. trima kasih atas informasinya .......

    ReplyDelete
  3. terima kasih yaa buat infonya.........

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.