Wednesday, 29 December 2010

15 Tugu/Monumen Paling Terkenal di Indonesia (Part 1)

Assalamualaikum gan,apa kabar semua ???? semoga tetap sehat wal afiat aja yah.nah di topik saya yang kali in akan kita bahas tentang Tugu atau Monumen.well......kita tahu sendiri tugu atau monumen banyak sekali di indonesia.bahkan mungkin di kota mu ada lebih dari 3,namun apakah itu semua nya terkenal ?? tidak kan.nah di posting saya yang kali ini hanya tugu/monumen saja yang saya anggap terkenal dan sangat bersejarah yang berjumlah 15 tugu/monumen.

nah untuk di posting saya bagian pertama ini akan saya tunjukkan 7 Tugu/Monumen paling terkenal dan penuh nilai historis nya.untuk sisanya tunggu posting yang bagain ke 2 yah dan yang pasti tetap di uniknya indonesiaku.








1.Monumen Nasional(Monas)



Monumen nasional atau yang sering disingkat monas merupakan sebuah monumen yang terletak di Provinsi D.K.I Jakarta,tepatnya di jakarta pusat.monumen ini didirikan untuk memperingati dan mengenang perjuangan bangsa indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan dari kolonial belanda.monumen ini mulai dibangun pada tanggal 17 agustus 1961,tepat 15 tahun indonesia merdeka yang digagas oleh presiden pertama RI,Ir Soekarno.dlm perkembangan nya monas selesai dibangun pada tanggal 12 Juli 1975.yang unik dari monas yaitu adanya mahkota lidah api yang dilapisi emas 35 Kg.buset........,oh iya tinggi dari monas ini sekitar 132 meter dan didalam nay terdapat berbagai diorama dan museum sejarah nasional.




2.Monumen Selamat Datang



Monumen selamat datang tepat berada di tengah bundarah Hotel Indonesia jakarta yang berupa air mancur.monumen selamat datang didirikan sebagai simbol untung menyambut tamu-tamu kenegaraan mulai dari atlet,perwakilan negara sahabat hingga diplomat yang pada waktu didirikan dalam rangka indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke IV.




3.Tugu Proklamasi



Masih di daerah jakarta,tugu proklamasi didirikan untung mengenang peringatan hari proklamasi indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945,sama seperti tempat pembacaan naskah proklamasi.tugu ini pun didirkan di jalan Pegangsaan Timur no 56(sekarang bernama jalan proklamasi).




4.Monumen Kesaktian Pancasila atau Monumen Pahlawan Revolusi



Monumen ini didirikan untuk mengenang peristiwa G 30 S/PKI,yaitu peristiwa pemberontakan simpatisan PKI(Partai Komunis Indonesia) yang sangat keji tersebut.selain itu monumen ini untuk mengenang jasa-jasa pahlawan revolusi yang berjuang mempertahankan ideologi RI yaitu pancasila dari ancaman penggantian ideologi Komunis.oh iya,Monumen ini terletak di kawasang lubang buaya jakarta.tempat dimana ke 7 pahlawan revolusi dibunuh.




5.Tugu Muda




Tugu muda terletak di Kota Semarang jawa tengah.tugu muda didirkan untung menengan jasa pejuang-pejuang yang mempertahankan kemerdekaan indonesia dalam pertempuran antara pejuang muda indonesia dengan jepang yang menolak angkat koper dari semarang dalam pertempuran 5 Hari di semarang yang membuat 2000 rakyat dan pejuang indoensia gugur.




6.Monumen Palagan Ambarawa



Sesuai dengan namanya,monumen ini berada di ambarawa,kabupaten semarang.monumen ini didirikan sebagai simbol perjuangan bangsa indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia dari kolonial belanda pada pertempuran palagan ambarawa,12-15 Desember 1945.letak monumen ini sangat mudah ditemukan,karena terletak di tepi jalan raya Semarang-Yogyakarta.




7.Tugu Khatulistiwa



Tugu Khatulistiwa terletak di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat,tugu ini juga berada di tepi sungai kapuas yang merupakan sungai terpanjang di indonesia.tidak seperti tugu atau monumen lain nya yang berlatar belakang sejarah perjuangan bangsa indonesia,tugu ini didirikan sebagai bentuk tanda koordinat garis lintang 0 derajat yang memisahkan antara belahan bumi utara dan selatan sekaligus sebagai sebuah garis evolusi bumi mengelilingi matahari.namun....tugu khatulistiwa merupakan salah satu tugu tertua yang ada di indonesia yang telah ada semenjak tahun 1928 walaupun belum sebesar sekarang.yang unik dari tugu ini adalah pada tanggal 21-23 maret dan 21-23 september ada suatu peristiwa yang bernama titik kulminasi matahari,ditanggal itu matahari tepat diatas kepala kita dan tidak ada bayangan jika kita berdiri disana.







Sumber:
-Pencarian Gambar Google

1 comment:

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.