Thursday, 4 November 2010

Indonesia,Negara Paling Demokratis di ASEAN.

Assalamualaikum gan,apa kabar semua nya ? semoga baik2 aja yah.
dalam posting saya kali ini saya akan membahas tentang Demokrasi di Indonesia,saya tidak akan mencari lebih detail apa itu pengertian demokrasi dsb krn itu bisa anda cari di google.

Indonesia merupakan negara paling demokratis di ASEAN,dan merupakan negara Terdemokratis ke 3 di ASIA.ingin tahu apa saja jenis pemilu di indonesia,yang resmi diselenggarakan oleh KPU(Komisi Pemilihan Umum)/Commision Public Election dan di luar KPU ? Check this out !!!





Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
Pemilihan presiden dan wakil presiden adalah tingkatan paling tinggi dalam pemilu yg diselenggarakan oleh KPU.pilpres dilakukan setiap 5 tahun sekali seiring dengan pergantian periode presiden.metode pemilihan nya melalui pasangan,maksudnya setiap pemilih mencontreng/mencoblos 1 pasangan Capres dan Cawapres yang diusung oleh Koalisi Partai Politik.pemilu presiden secara langsung diadakan pd tahun 2004 dan yg terpilih adalah pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla,kemudian pada tahun 2009 disaat habis nya periode Kabinet Indonesia Bersatu yg dibentuk SBY-JK diadakan kembali pemilu presiden,dan dimenangkan kembali oleh SBY bersama wapres baru nya Boediono,kabinet yg diusung sby kali ini adalah Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.



Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur
Pemilihan Gubernur tak ada beda nya dengan tata cara pemilihan presiden dan wakil presiden,hanya saja Pilgub diadakan di tingkat provinsi untuk memilih kepala daerah.Pemilihan Gubernur dan Wakil diselenggarakan oleh KPUD(Komisi Pemilihan Umum Daerah.beda hal nya dengan pemilihan presiden yang mempunyai periode tahun yang pasti,pilgub tidak demikian.pilgub diadakan sesuai habis nya masa jabatan gubernur,sedangkan masa jabatan gubernur di tiap-tiap daerah berbeda.





Pemilu Bupati dan Walikota
Pemilihan Bupati dan Walikota memiliki tingkatan yang setingkat,namun beda daerah dan peruntukan nya.seperti yang kita ketahui pemilihan bupati untuk wilayah berupa kabupaten,sedangkan kota untuk wilayah berupa kota/kotamadya.dalam pemilihan bupati dan walikota ini pun tak ada beda nya dengan tata cara pemilihan gubernur,hanya saja yang membedakan nya dalam pemilihan bupati/walikota untuk memilih kepala daerah wilayah daerah tingkat III(Dati III).





Pemilu Legislatif
Pemilu Legislatif bertujuan untuk memilih WAKIL RAKYAT yang duduk di DPR,baik DPR Daerah,DPR Provinsi,DPR Pusat dan DPD(Dewan Perwakilan Daerah).pemilu legislatif diadakan sesuai dengan masa waktu habis nya periode suatu kepala daerah.misal nya bila habis masa periode bupati maka periode DPR Daerah di kabupaten tsb juga habis dan maka dari itu mesti diadakan pemilihan kepala daerah dan pemilu legislatif bersama,namun pemilu legislatif disini hanya memilih anggota DPR Daerah dan Provinsi saja.sedangkan DPR Pusat dan DPD dipilih saat pemilu legislatif bersamaan dengan pemilu presiden.






Pemilu Yang Diselenggarakan Bukan Oleh KPU

Dalam pemilu yang diselenggarakan buka oleh KPU banyak sekali contoh nya,seperti pemilihan ketua kelas atau ketua kelompok disitu telah ada nilai demokrasi.namun dalam kali ini contoh2 pemilu yang tidak diadakan oleh KPU di dalam pemerintahan,hanya sebagian kecil saja.contoh nya:

1.Pemilihan Menteri/Pejabat Setingkat Menteri
Seperti yang kita ketahui,sesuai denga pasal 17 ayat 2 UUD'45 menteri dan pejabat setingkat menteri diangkat oleh presiden sendiri

2.Pemilihan Panglima TNI dan Kepala Kepolisian RI(Kapolri)
Pemilihan panglima TNI dan Kapolri diangkat oleh DPR dan Presiden,sebelum dipilih calon dari masing2 kandidar Panglima TNI dan Kapolri diadakan Fit and Proper Test atau Uji Kelayakan.jika telah selesai,selanjut nya presiden lah yang memilih dan mengangkat Panglima TNI dan Kapolri tsb.

3.Pemilihan Ketua MK,MA dan KY
Mahkamah Konstitusi(MK),Mahkamah Agung(MA) dan Komisi Yudisial(KY) masing2 ketua nya diangkat oleh presiden,sesuai dengan pasal 24,24A,24B,24C UUD'45

4.Pemilihan Kepala Dinas di Tiap Daerah
Kepala dinas di tiap daerah diangkat oleh kepala daerah sendiri,yang sebelum nya telah dilaksanakan Uji Kelayakan.

5.Pemilihan Camat dan Lurah
Sama hal nya dengan pemilihan kepala dinas di tiap daerah,pemilihan camat dan lurah pun diangkat oleh kepala daerah sendiri,yang sebelum nya telah dilaksanakan Uji Kelayakan.dengan merunut pengalaman,hasil kerja,pangkat di pemerintahan(Eselon) dll nya.

6.Pemilihan RT/RW
Dalam pemilihan RT/RW biasanya tergantung pada suatu RT/RW tsb dalam memilih ketua nya,ada yang hanya ditunjuk.atau bahkan ada yang melakukan pemilihan untuk tingkatan RT/RW tsb,ada nilai demokrasi disini.

7.Pemilihan Kepala Desa dan Dusun/Dukuh dsb
Tak jauh beda dengan pemilihan RT/RW,pemilihan Kepala Desa,Kepala Dusun dan Kepala Dukuh pun ada juga yang ditunjuk melalui suatu kesepakatan dalam rapat atau diadakan pemilihan.


Nah....inilah akhir dari posting saya kali ini,semoga nilai2 demokrasi indonesia tetap terjaga.maka dari itu jangan Golput yah gan,Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.