Thursday, 19 August 2010

Suku Asmat Papua,Keunikan di Balik Primitifnya Kehidupan di Pedalaman Bumi Cendrawasih

Suku asmat adalah suku asli di papua,populasi nya sekarang di taksir sekitar 70.000 jiwa.suku asmat tinggal di pedalaman papua yang sulit dicapai dengan kendaraaan.untuk bisa ke desa nya kita harus menyusuri jalan setapak di tengah rimbun nya hutan hujan tropis papua,sekarang biasa nya dari 1 desa hidup sekitar 100-1000 jiwa

Suku asmat.setiap kampung memiliki 1 rumah bujang yang dipakai untuk upacara adat atau keagamaan,kalau dalam desa-desa lainnya rumah bujang bias kita artikan dengan aula untuk pertemuan.sedangkan rumah keluarga dihuni oleh 2-3 kepala keluarga yang mempunyai dapur dan kamar mandi sendiri.


Sisi Keunikan Suku Asmat Papua

Lalu apa keunikan dari suku asmat papua ? apakah koteka yang dikenakan oleh kaum lelaki dewasa atau rumah honai nya yang unik serta ukirannya yang mempunyai daya tariku ntuk dikoleksi !

tapi di balik koteka dan rumah honai serta ukiran nya Suku asmat.ternyata ada yang lebih unik lagi,yaitu cara membunuh musuh nya.haduh ngeri neh….kok membunuh unik sih ? suku asmat mempunyai cara mengerikan dalam

Membunuh musuh nya, Ketika musuh dibunuh, mayatnya dibawa ke kampung, kemudian dipotong dan dibagikan kepada seluruh penduduk untuk dimakan bersama.

Mereka menyanyikan lagu kematian dan memenggalkan kepalanya. Otaknya dibungkus daun sago yang dipanggang dan dimakan.berarti kanibal dong ? ya bias dibilang begitu lah

Mengerikan sekaligus unik,coba bayangkan kalau kita menjadi musuh nya dan mati ditangan mereka,bisa di pastikan esoknya kita sudah ada di dalam perut mereka.hi…….ngeri !!!




Sekian posting dari saya,jangan lupa komentar nya yah gan !!!!


Sumber referensi:wikipedia.com/sukuasmat

Sumber Gambar:

lensaku.net

wacananusantara.org

3 comments:

  1. keragaman indonesia...
    walaupun beragam, tetapi tetap 1 bangsa..
    Chayooo INDONESIA...

    ReplyDelete
  2. beuh,, ternyata suku asmat sangar jg yah...
    kanibal kea sumanto,,malahan mgkin lebih sadis...
    ckckckck...
    apa enak kah daging manusia itu??hahahaahha...

    ReplyDelete
  3. http://www.facebook.com/dewinovitas22 November 2011 21:41

    kalau bahasa suku asmat ada gk ya ? bisa dipelajarin gk ?

    ReplyDelete

PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENGISI KOMENTAR

#)Jika anda anggota blogger pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI OpenId atau pilih pake Google Account aja(klo punya).

#)Jika anda tidak memiliki blog pilih BERI KOMENTAR SEBAGAI Name/URL setelah itu MASUKKAN NAMA lalu COPY PASTE profil Facebook/Twitter anda(contoh: http://www.facebook.com/rikaz.prabowo)lalu klik Lanjutkan.(jika komentar telah ditambahkan dan di klik nama nya langsung ke profil FB/Twitter si pengomentar)

#)Jika anda tidak tergabung dalam blogger atau pun facebook pilih Name/URL lalu MASUKKAN NAMA anda TANPA memasukkan URL(URL nya dikosongkan saja)

terima kasih atas komentar anda.